Tips untuk Menciptakan Kamar Mandi yang Bersih dan Sehat

Tips agar mendapatkan kamar mandi yang sehat itu mudah dan gampang untuk kita temukan. Kamar mandi yang bersih tentulah menjadi idaman setiap orang yang mempunyai rumah sendiri. Kmar mandi yang bersih dan sehat merupakan cerminan dari pemilik rumah sendiri, hal ini menggambarkan bagaimana pola kehidupan seseorang apakah ia termasuk dalam kategori orang yang sehat dan bersih. Kamar mandi sehat harus memiliki pencahayaan dari sinar matahari yang cukup. Apabila kamar mandi tersebut kurang pencahayaannya pastilah akan terlihat gelap dan kumuh.

Kaca transparan memudahkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Sayangnya, kaca transparan membuat privasi pemilik kamar mandi tidak terjaga. Karena itu, tempatkan jendela di area mati. Artinya, tidak ada akses bagi orang lain untuk masuk ke wilayah luar jendela. Ada bermacam bukaan jendela yang bisa Anda terapkan, yakni sistem horizontal, vertikal, dan geser.
Usai memilih material dinding dan material lantai kamar mandi , waktunya memikirkan pencahayaan serta sirkulasi udara yang serasi dengan keduanya.

Ini adalah hal penting mengingat pencahayaan serta sirkulasi udara menentukan kesehatan kamar mandi. Pencahayaan diperlukan untuk menyokong aktivitas dalam kamar mandi serta menjaga kamar mandi tetap kering. Sementara itu, sirkulasi udara menjaga kamar mandi agar tidak berbau dan tidak lembap.
Jenis pencahayaan dapat berasal dari pencahayaan alami atau pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan tentu berasal dari lampu. Di lain sisi, pencahayaan alami berasal dari sinar matahari yang dibiarkan masuk melalui jendela atau skylight.

Ada pula pencahayaan yang dapat berfungsi sekaligus sebagai sirkulasi udara alami. Hal ini dapat Anda ciptakan dengan membuat bukaan pada dinding atau atap. Jendela terawang, lubang ventilasi, dan skylight tadi bisa menjadi opsi. Bila bukaan ventilasi masih kurang bagi Anda, pasanglah exhaust fan di dinding luar. Pemasangan exhaust fan dapat membuat udara yang keluar masuk lebih lancar. Agar lebih praktis, buat saluran listrik yang memungkinkan satu tombol untuk lampu dan exhaust fan sekaligus.

Namun tidak hanya dilihat dari faktor pencahayaan saja untuk mendapatkan kamar mandi yang berkategori bersih, faktor lainnya adalah ventilasi udara atau jendela yang dapat menjadi akses bertukarnya udara yang keluar masuk agar orang yang sedang dalam kamar mandi tidaklah merasa pengap dan panas. Ventilasi udara bisa terbuat dari kayu yang bertata horizontal atau dapat juga dengan menggunakan hexos di dalam kamar mandi sebagai tempat bertukarnya udara bersih.

Itulah tadi tips bagaimana mendapatkan kamar mandi yang bersih dan sehat dari segi pencahayaan dan pergantian udara. Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi Anda untuk menciptakan kamar mandi yang bersih nan sehat. Silahkan anda kunjungi juga artikel sebelumnya di desain untuk bangunan kamar mandi. Referensi artikel ini berasal dari taman kolam yang simple untuk rumah minimalis.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

 
nav ul{height:200px; width:18%;} nav ul{overflow:hidden; overflow-y:scroll;}